4 Ikan Asin Yang Paling Sering Dimakan dan Digemari


Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan ikan asin? Baunya saat belum dimasak memang kurang enak, tapi jika sudah diolah menjadi sebuah masakan yang lezat, dikasih pun pasti kalian juga tidak akan menolaknya.

Berikut ada 4 jenis ikan asin yang sangat digemari oleh para pecintanya :

1. Ikan Asin Peda


Ikan asin peda ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan asin peda putih dan merah. Ikan peda putih memiliki kadar lemak yang rendah dan melalui proses disiangi, sedangkan ikan peda merah memiliki kadar lemak yang tinggi dan tidak melalui proses disiangi, biasanya ikan asin ini terbuat dari ikan kembung.

Ikan peda ini memiliki cita rasa yang sangat asin dan gurih, jika dibandingkan dengan jenis ikan asin lainnya. Oleh karena itu sangat cocok apabila kalian sedang tidak nafsu makan. Dimakan bersama nasi liwet dan sambal, terasa dua kali lebih nikmat.

Ikan asin peda sangat cocok dimasak dengan cara dipepes, tapi jika kalian merasa kerepotan karena harus mencari daun pisang, dengan cara digoreng saja sudah nikmat kok. Tips untuk kalian yang ingin menggoreng ikan asin peda yang mudah hancur ini adalah dengan dililit menggunakan daun singkong. Selain mencegah ikan asin peda hancur di penggorengan, juga bisa memperkaya cita rasa di dalamnya.

2. Ikan Asin Bulu Ayam


Bulu ayam? Kenapa dinamakan bulu ayam ya? Ternyata karena bentuknya yang tipis dan ujung ekornya yang meruncing mirip bulu ayam sehingga dinamakan ikan asin bulu ayam. Olahan favorit dari ikan asin bulu ayam ini adalah digoreng kering dan diberi bumbu sambal balado. Rasanya yang renyah kriuk kriuk dan gurih membuat kalian akan sulit untuk berhenti memakannya.

Tips untuk menggoreng ikan asin bulu ayam agar renyah adalah dengan tiriskan dahulu sesaat setelah
mencucinya untuk menurunkan kadar air. Selain untuk mengurangi risiko cipratan minyak saat menggoreng, juga agar tidak lembek. Masukkanlah ke dalam minyak panas dan gunakanlah banyak minyak, karena saat digoreng posisi ikan asin bulu ayam ini harus benar-benar tenggelam ke dalam minyak panas, agar hasilnya renyah. Setelah minyak ditiriskan, simpanlah di wadah penyimpanan yang tertutup rapat.

3. Ikan Asin Teri


Ikan asin teri memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari yang paling kecil ikan teri nasi sampai yang besar yaitu teri jengki. Ikan teri ada yang melalui proses penggaraman dan ada juga yang tidak, jika kalian lebih menyukai cita rasa yang asin dan gurih bisa menggunakan yang melalui proses penggaraman. Jika tidak, maka belilah yang sebaliknya.

Ikan asin teri ini dapat diolah ke berbagai jenis masakan, seperti dibuat rempeyek, sambal teri, pepes teri, digoreng tepung. Kalau favorit kebanyak orang sih digoreng kering tanpa tepung terus dicampur dengan kacang tanah, saat makan diaduk dulu dengan nasinya. Tidak mudah untuk menggoreng ikan teri ini dengan renyah dibandingkan ikan asin bulu ayam, jadi pastikan minyaknya panas ya sebelum
dimasukkan ke dalam penggorengan.

Tips untuk memilih ikan asin teri yang baik adalah pilih yang bentuknya masih utuh dan memiliki warna khas teri bukan yang putih pucat, karena di zaman now ini sering kali ada tangan-tangan jahil yang suka mencampurkan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

4. Ikan Asin Jambal Roti 


Ikan asin jambal roti yang terbuat dari jenis ikan patin ini memang lebih mahal harganya jika dibandingkan jenis ikan asin lainnya, karena memiliki ukuran yang lebih besar dan daging yang lebih banyak dan tebal jika dibandingkan ikan asin lainnya.

Cita rasa gurih yang dimiliki ikan asin jambal roti ini, sangat cocok jika dijadikan bahan campuran nasi goreng. Belum lagi jika ditambahkan petai, pasti menjadi lebih nikmat terutama bagi para penggemar petai. Selain dijadikan bahan campuran untuk nasi goreng, buat yang suka pedas ikan jambal roti ini sangat nikmat jika dibumbu balado.

Tips untuk yang ingin masak ikan jambal ini, pilihlah yang terlihat segar dan warnanya bersih dan tentu tidak berbau busuk. Sebelum memasak jangan lupa sedikit dimemarkan agar tidak keras dan alot saat dimakan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Ikan Asin Yang Paling Sering Dimakan dan Digemari "

Posting Komentar