11 Fakta Edan Tentang Tempe Yang Perlu Anda Ketahui


Siapa sih yang ga pernah memakan tempe? Apa itu tempee? Masak ga tau sih? Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis ragi Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Namun, ada beberapa fakta edan tentang Tempe, yakni :

1. Makanan yg sangat populer di Indonesia, khususnya bagi orang Jawa


Bagi orang Jawa tempe adalah menu wajib yang harus ada di setiap kulinernya. Entah itu di segopecel, entah itu di sego campur, entah di sego bantingan, pokoknya hukumnya adalah fardhu ain sama kayak sambel.

2. Meski populer di Indonesia, ternyata hak paten tempe dimiliki orang Jepang dan Amerika


Hak paten pembuatan tempe telah tercatat 19 paten tentang tempe, 13 buah milik Amerika Serikat dan 6 buah milik Jepang. Hak paten dari Amerika Serikat tersebut dimiliki oleh perusahaan Z-L Limited Partnership, Gyorgy, Pfaff, serta Yueh dan kawan-kawan. Z-L limited Partnership memiliki delapan paten, Gyorgy mengantongi dua paten mengenai minyak tempe, Pfaff memiliki dua paten mengenai alat inkubator dan cara membuat bahan makan, serta Yueh dan kawan-kawan memeliki paten mengenai pembuatan makan ringan dengan campuran tempe.

3. Tempe bisa jadi obat mag


Tempe bisa menjadi obat mag karena tempe mengandung protein yang mana sudah siap dicerna oleh tubuh. Karena sebelumnya proteinnya sudah diuraikan oleh jamur.

4. Ada orang Indonesia yang jadi "KING OF TEMPEH" di Jepang


Namanya pak Rustono, dia memiliki pabrik tempe yang sangat besar di Kyoto Jepang.

5. Selain populer di Jepang, tempe juga mulai digemari orang Eropa


Selain populer di Negeri Sakura,tempe juga mulai populer di Amerika dan Eropa. Harga ekonomis tempe dapat 3-4 kali lipat harga daging adalah faktor utama penyebabnya.

6. Tempe ada di dokumen Jawa kuno, Serat Centhini


Tempe merupakan hasil pemprosesan teknologi pangan tradisional di Jawa sejak abad 16 seperti tertulis pada dokumen Serat Centhini.

7. Gizi tempe luar biasa hebatnya


Udah banyak riset yang menjelaskan tentang nilai dari makanan tradisional pulau Jawa ini.

8. Tempe pernah menjadi penyelamat pada krisis pangan


Tempe menjadi makanan penyelamat banyak tahanan Perang Dunia II pada tahun 1940-1960.

9. Di beberapa negeri Eropa tempe bukan dari kedelai 


Tempe tidak saja berasal dari kedelai, tetapi di Swedia sudah dikembangkan tempe yang berasal dari barley dan oats untuk iklim negara yang tidak cocok untuk menanam kedelai.

10. Tempe adalah favoritnya orang vegetarian 


Masuk akal juga sih.

11. Meskipun udah populer, stigma tempe makanan "kampungan" masih melekat di masyarakat 


Di beberapa lapisan masyarakat mengatakan bahwa tempe merupakan suatu makanan level rendah. Dalam arti jika lo lagi makan tempe maka kasta lo akan turun, harga diri lo ilang, dan lo akan dianggap ndeso, kampungan dan katrok oleh sebagian masyarakat tersebut. Bahkan kata "kampungan" atau "ndeso" itu sendiri mengacu pada ketidakmampuan seseorang dalam suatu hal.

Pernah dengar statement "otak tempe" ga? Otak tempe adalah sebuah umpatan yang mengacu pada kecacatan otak dalam kemampuan berpikir seseorang. Umpatan itu seperti mengarah pada ketidakmampuan seseorang akan sesuatu. Kalau kita mengacu pada umpatan itu maka bisa disimpulkan bahwa tempe adalah makanan yang terhina bagi sebagian masyarakat.

kalo dipikir itu harusnya adalah suatu kepahaman yang harus kita benahi bersama-sama. Dimulai dari diri kita, keluarga dan mungkin sinetron-sinetron yang kita pilih. Dari kata ndeso kita benahi dulu maknanya, begitu juga kampungan, begitu juga katrok dan jangan lupa tempe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Fakta Edan Tentang Tempe Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar