11 Fakta Tentang Telur Yang Mungkin Anda Belum Tahu!


Telur sudah jadi santapan harian favorit. Tapi tahukah kamu kalau seekor ayam betina butuh waktu seharian untuk hasilkan sebutir telur? Ini fakta unik lainnya!

Telur ayam punya banyak fakta unik yang mungkin belum banyak orang tahu. Termasuk warna telur yang unik, proses penjualan telur di pasaran hingga waktu seekor ayam betina memproduksi telur. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Buzz Feed :

1. Warna Telur


Ternyata warna telur bisa diprediksi dari warna daun telinga ayam. Cara ini sangat sederhana sehingga Anda bisa menebak warna telur ayam nantinya. Jika daun telinga ayam putih, maka kemungkinan besar telurnya berwarna putih. Sementara kalau daun telinga ayam berwarna cokelat atau merah, telur ayam kemungkinan besar berwarna cokelat.

2. Telur Kembar


Ada fenomena dimana saat telur dipecahkan berisi dua kuning atau disebut telur kembar. Hal ini ternyata dipengaruhi umur ayam betina. Ayam betina yang lebih muda dan lebih tua, besar kemungkinan menghasilkan telur kembar meski hal ini tak selalu terjadi. Pada ayam betina muda, butuh waktu sementara untuk siklus produksi telur sinkron sehingga menghasilkan dua kuning telur. Di sisi lain, pada ayam betina yang lebih tua, semakin besar ukuran telurnya, semakin besar kemungkinan telur berisi dua kuning.

3. Telur Jatuh


Pernah kesulitan membersihkan telur yang jatuh di lantai? Ada trik sederhana untuk hal ini. Caranya cukup taburkan garam di atas telur. Diamkan 15 menit. Hal ini bisa membuat permukaan telur sedikit mengeras sehingga lebih mudah diangkat dan dibersihkan.

4. Serabut Putih


Saat memecahkan telur Anda mungkin pernah melihat serabut-serabut putih di permukaannya. Tak perlu khawatir, serabut ini menunjukkan bahwa telur Anda segar dan aman dikonsumsi. Serabut putih yang dikenal dengan nama chalazae ini juga berfungsi membuat kuning telur tetap berada di tengah.

5. Telur Segar dan Tidak


Mau menguji coba apakah telur yang Anda punya berkualitas? Caranya cukup taruh telur di gelas berisi air. Kalau tenggelam, pertanda telur masih bagus. Tapi kalau mengambang, sebaiknya jangan konsumsi telur karena hal ini menandakan pori-pori telur sudah besar dan banyak udara di dalamnya.

6. Telur Di Pasaran


Di Amerika, USDA mewajibkan telur yang dijual di supermarket harus dicuci dan dibersihkan dengan zat kimia agar terhindar dari bakteri seperti salmonella. Tapi di banyak negara, membersihkan telur justru tidak disarankan karena dianggap bisa meningkatkan risiko penetrasi bakteri.

7. Telur Merah


Telur berwarna merah ini bukanlah telur segar asli melainkan dicat untuk Paskah. Tradisi Orthodox ini masih berlangsung hingga sekarang, melambangkan makam Kristus. Dan saat telur dipecahkan mewakili bagaimana makam retak usai Kristus bangkit dari kematian.

8. Telur Sebagai Tanda Kiamat


Seorang penyihir di abad 19, Mary Bateman pernah membuat penipuan yang dikenal bernama The Prophet of Leeds. Ia menggunakan telur untuk meyakinkan orang-orang bahwa kiamat akan datang. Begitu seekor ayam betina bertelur, ia akan menulis "Kristus Datang" di telur dan memasukkannya kembali ke dalam ayam untuk mengelabui orang agar mengira bahwa mereka meramalkan kedatangan Kristus.

9. Telur Dijadikan Globe


Globe atau bola dunia tertua yang menggambarkan New World ternyata dibuat di atas telur burung unta. Globe ini ada pada tahun 1504 dengan tulisan "Hic Sunt Dracones" di atas Asia Tenggara yang berarti "Inilah Naga."

10. Telur Berwarna Hijau


Meski tak umum, ternyata ada telur berwarna seperti hijau kebiruan. Telur ini dihasilkan dari ayam jenis Easter Eggers dan Oliver Eggers. Tentang kuning telur, ternyata warnanya tetap kuning!

11. Waktu Produksi Telur


Pernah berpikir berapa lama seekor ayam betina menghabiskan waktu untuk hasilkan telur? Ternyata mereka butuh waktu 24-26 jam untuk memproduksi satu butir telur. Tiap tahunnya seekor ayam betina biasanya menghasilkan 300-325 telur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Fakta Tentang Telur Yang Mungkin Anda Belum Tahu!"

Posting Komentar