Keren..!! Ini 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android (Anak Zaman Old Inside)


  
Bagi kalian yang pengen nostalgia sama permainan-permainan tradisional zaman kecil dulu, mungkin bisa nyobain beberapa game android yang akan dibahas  kali ini. Yap, seiring perkembangan zaman, game tradisional konvensional kini menjelma jadi game digital yang bisa kalian unduh dengan mudah di Play Store atau App Store.

Apa aja sih 7 permainan tradisional Indonesia yang tersedia dalam versi android?

1. Balap Karung


Salah satu permainan yang jadi perlombaan ikonik di setiap perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini adalah permainan sederhana yang susah-susah gampang di dunia nyata. Para pemain harus menyinkronkan gerakan meloncat dengan tetap mempertahankan posisi karung agar tidak membuat permain terjatuh.

Permainan tradisional satu ini berhasil di sajikan oleh HiClay Studio dalam versi games android bernama “Balap Karungs”. Game ini cukup simple dan menyajikan pengalaman seperti bermain balap karung di dunia nyata. Pemain akan berkompetisi meloncat-loncat hingga garis finis melawan peserta lainya. Karakter pemain pun dapat terjatuh apabila tak hati-hati dan kehilangan keseimbangan.

2. Tarik Tambang


Masih permainan yang jadi perlombaan ikonik di hari kemerdekaan, yaitu Tarik Tambang. Di dunia nyata permainan ini dimainkan dengan mengandalkan kekuatan fisik para pemainnya. Menarik tambang dari tim lawan bukanlah perkara mudah apalagi jika tim lawan lebih kuat.

Tapi pada game “Go Tarik Tambang” ini yang kalian perlukan adalah taktik a.k.a strategi (gausah kuat-kuat ntar layar androidnya retak haha). Selain melawan system, kalian juga bisa main melawan tim teman kalian sendiri. Gak beda jauh lah ya sama di dunia nyata.

3. Makan Kerupuk


Yang terakhir dari rangkaian lomba 17 Agustusan nih, apalagi kalo bukan Makan Kerupuk. Rilis dengan nama yang sama yaitu “Makan Kerupuk” dibawah pengembang Nurmatams. Permainan ini dibuat sederhana, pemain hanya perlu makan kerupuk secepat dan sebanyak mungkin untuk menang.

4. Egrang (Jajangkungan)


Pernah main egrang? Itu loh permainan tradisional dari dua bilah bamboo yang dimodifikasi dengan diberi pijakan. Sekilas info soal Egrang, permainan satu ini aslinya dari Jawa Barat, kalo di daerah asalnya lebih terkenal dengan nama “Jajangkungan”. (bukan Jelangkung loh ya).

Nah permainan satu ini juga ada versi androidnya, bisa di cari di Play Store dengan nama “Egrang Jump”. Cara bermain game ini, pemain harus menghindari rintangan-rintangan menghalangi jalan. Pemain juga harus mengumpulkan beberapa item seperti coin cepot dan diamond untuk menambah skor serta buah kelapa untuk menambah stamina.

5. Gobak Sodor


Nah ini nih salah satu permainan tradisional yang bikin kalian suka kabur ke lapangan kalo di suruh belajar. Dulu gak punya gadget juga asik-asik aja soalnya temen banyak, kadang malah main sama anak kampung sebelah dan baru kenalan pas mau main permainan ini.

Game satu ini rilis dengan nama Galasin: Game Gobak Sodor. Permainannya gak jauh beda sama di dunia nyata. Akan ada sebidang lapangan yang dibagi menjadi 6 bagian, ada yang menjaga dan tim yang berusaha melewati penjagaan. Pokonya buat yang mau nostalgia, boleh lah game satu ini di coba.

6. Congklak (Dakon)


Di Playstore, game ini lumayan banyak dari pengembang yang berbeda-beda. kalian bisa pilih sesuai keinginan, permainannya sih sama aja tinggal mindahin biji dari lubang permainan (sesuai aturan congklak pastinya).

Kalo versi yang paling banyak di download namanya Dakon Game. Disini kalian bisa pilih mau tanding lawan computer, main 2 players sama temen, atau tanding online sama user lain. Aturan lain sama aja sama di dunia nyata, lumayan buat isi waktu luang sambil nostalgia.

7. Bekel


Gak beda jauh sama congklak. Game ini juga identik sama permainan anak perempuan. Cara mainnya mudah, pemain hanya perlu memantulkan bola karet yang digunakan, selama bola memantul diudara pemain harus mengambil biji yang tersebar di lantai.

Untuk versi androidnya, rilis dengan nama “Bekel”. Bedanya di versi android pemain harus mengambil bulan dan bintang, bukan biji-bijian, tapi peraturan lain kurang lebih sama.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Keren..!! Ini 7 Permainan Tradisional Indonesia Versi Android (Anak Zaman Old Inside)"

  1. Maaf ini copas dari KASKUS kan? mohon cantumkan link kaskusnya, saya tunggu etika baiknya dari blogger. Saya tunggu 24 jam dari sekarang atau saya laporkan sebagai aksi plagiat. terimakasih

    BalasHapus