Kepo Yuk..!! 10 Pasangan Makanan Super Serasi


Tidak hanya manusia aja nih yang punya pasangan, makanan juga bisa punya pasangan loh. Kesepuluh pasangan makanan di bawah ini tidak hanya serasi, tapi juga memiliki manfaat yang sangat tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh pakar kesehatan dunia dan mereka menyebutnya sebagai food synergi.

Diet Mediterania adalah contoh yang sempurna bagi food synergi karena terdiri dari berbagai kumpulan makanan yang sehat, di antaranya kombinasi sayur dan buah, gandum utuh, biji-bijian, dan ikan dengan mengurangi daging dan produk olahan susu.

Diet Mediterania ini dapat menurunkan risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular. Itulah sebabnya 10 pasangan super ini menjadi sangat bermanfaat bagi kita. Ada apa aja sih, yuk kita lihat.

1. Keju dan Telur


Pagi-pagi kalian sarapan apa? Suka telur dan keju? Kalau suka coba deh kombinasikan kedua makanan ini, vitamin D yang ada pada kuning telur dapat meningkatkan fungsi kalsium. Bukan hanya untuk kesehatan tulang, tapi juga baik untuk jantung. Bikin saja telur dadar lalu beri parutan keju, sederhana tapi lezat dan bermanfaat.

2. Oatmeal dan Jeruk


Kombinasi oatmeal dan jeruk bisa menjadi pilihan lainnya jika kalian sudah bosan dengan telur. Senyawa tumbuhan fenol yang terkandung dalam oatmeal dan vitamin C yang ada pada jeruk sama-sama dapat menekan kadar LDL dalam darah. Makan secara bersamaan empat kali lebih bermanfaat jika dimakan dengan cara dipisah.

3. Nasi dan Cuka Beras


Nasi putih yang cenderung meningkatkan kadar gula darah, dapat diturunkan sebanyak 20-40% melalui cuka beras. Itulah sebabnya selain lezat, sushi yang terbuat dari nasi dan cuka beras ini dapat dikategorikan sebagai makanan sehat.

4. Ikan dan Bawang Putih


Ikan dan bawang putih masing-masing memiliki fungsi melawan peradangan dan berbagai penyakit, tapi manfaatnya akan jauh lebih besar jika dipadukan. Perpaduan ikan asin dan bawang putih dapat menekan risiko kolestrol jahat. Salah satu contoh masakannya adalah ikan yang dikukus atau dipanggang bersama bawang putih.

5. Daging Steak dan Daun Rosemary


Daun herbal ini kaya akan kandungan antioksidan seperti asam rosmarinik dan asam karnosik yang membantu menetralisir senyawa heterocyclic amines. Senyawa pemicu kanker yang dapat muncul pada suhu 163° celcius ketika steakmatang saat dibakar. Lumuri daging steak dengan cincangan daun rosemary sebelum dimasak. Diamkan selama setengah jam sampai benar-benar meresap.

6. Lemon dan Bayam


Kandungan vitamin C pada jeruk akan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi pada bayam. Zat besi merupakan mineral yang dapat membantu kita mencegah mood swingdan meningkatkan rasa bahagia. Caranya, campurkan perasaan air lemon, minyak zaitun, potongan bawang bombay sebagai dressing pada salad bayam kita.

7. Tomat dan Minyak Zaitun


Tomat adalah salah satu makanan yang mengandung likopen tinggi. Apa kalian tahu apa itu likopen? Likopen adalah senyawa yang mampu mencegah risiko kanker dan penyakit liver. Likopen termasuk senyawa yang larut dalam lemak dan akan lebih mudah diserap tubuh saat dikonsumsi bersama dengan lemak baik, seperti minyak zaitun. Coba deh bagi kalian yang suka makan tomat begitu saja, panggang atau kukus tomat dengan campuran minyak zaitun.

8. Kunyit dan Lada Hitam


Ada yang suka minum jamu kunyit? Biasanya sista-sista minum ini sebelum datang periodenya. Kunyit memiliki kandungan antiperadangan yang tinggi. Dapat melawan kanker, meningkatkan fungsi hati, menurunkan kadar kolestrol, dan menghalau serangan gejala alzheimer. Tapi dari pada mengonsumsi kunyitnya saja, campurkanlah dengan lada agar menyerap lebih banyak kurkuma, yaitu kandungan aktif kunyit.

9. Chickpeas dan Daun Bit


Chickpeas merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menjadi sumber terbesar vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu tubuh kita dalam menyerap magnesium yang terkandung dalam daun bit. Kedua nutrisi ini bekerja sama dalam tubuh kita dalam meringankan gejala PMS dan ADHD.

10. Teh Hijau dan Lemon


Lemon ini memang biasa dipasangkan dengan teh, tapi biasanya bukan dengan teh hijau kan. Ternyata jika lemon dipasangkan dengan teh hijau maka vitamin C yang ada pada lemon membuat katekin, antioksidan yang ada pada teh hijau dapat menjadi terserap lebih banyak oleh tubuh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepo Yuk..!! 10 Pasangan Makanan Super Serasi"

Posting Komentar