6 Masjid Paling Instagramable di Indonesia


Ketika datang ke sebuah masjid hal utama yang kamu lakukan pastinya melaksanakan shalat dan berdoa. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan seni arsitektur, kamu bisa melihat bagaimana masjid menampilkan keindahan yang mengaggumkan.

Lantas muncul keinginan untuk berfoto di lingkungan masjid. Tentu kamu tidak bermaksud pamer dan mengumbar sikap ria. Hanya ingin berbagi tentang betapa desain masjid juga bisa sangat menawan dan mengagumkan.

Memang, jika mengenang kembali peradaban Islam ada begitu banyak unsur kebudayaan yang saling mempengaruhi, termasuk dalam seni arsitektur. Maka tidak heran, bentuk masjid bisa sangat beragam dan unik menyesuaikan kebudayaan daerah masing-masing. Berikut daftar masjid unik dan menarik di Indonesia yang patut kamu kunjungi (kalau mampir jangan lupa salat di dalam ya) :

1. Masjid Agung Tuban


Dari kejauhan kamu akan sulit membedakan apakah itu sebuah masjid atau istana dari negeri dongeng. Sekilas nampak bahwa Masjid Agung Tuban seperti kediaman putri Yasmin. Kubah penuh warna dan ornamen serta ukiran cantik menghiasi dinding masjid. Semua tersusun rapi membentuk pemandangan yang eksotis.

2. Masjid Raya Sumatera Barat


Atap kubah adalah ciri yang biasanya melekat pada sebuah masjid. Namun seorang arsitek bernama Rizal Muslimin memilih desain yang berbeda. Masjid Raya Sumatera Barat memiliki atap berbentuk gonjong serupa rumah Gadang.

Namun jika ditelisik lebih jauh bentuk atap lancip tersebut sebenarnya merupakan simbol dari kain empat sudut yang gunakan ketika terjadi perselisihan Kabilah mana yang berhak mengusung batu Hajar Aswad Nabi Muhammad memutuskan meletakkan batu Hajar Aswad di atas selembar kain sehingga dapat diusung bersama.

3. Masjid Al-Mahdi Magelang


Islam pada dasarnya memberi ruang pada interaksi budaya, sejauh tidak merubah prinsip syariat. Keberadaan Masjid Al-Mahdi adalah bukti keterbukaan Islam dalam menyerap kebudayaan lain. Nuansa Tiongkok begitu kental ketika memasuki mesjid ini. Mulai dari ukiran kayu, desain atap, hingga barisan lampion yang menerangi ruang utama.

4. Masjid Tiban Malang


Nuansa misteri menyelimuti pembangunan masjid ini. Kabarnya masjid yang ini dibangun hanya dalam satu malam. Tapi belakangan kabar itu dibantah. Entah mana yang benar, tapi yang pasti masjid ini memiliki bentuk yang sangat unik. Hiasan keramik berwarna biru hampir menutupi seluruh bagian bangunan.

5. Masjid Perahu Jakarta


Terinspirasi kisah Nabi Nuh yang menyelamatkan umat menggunakan perahu, Masjid Agung Al-Munada Baiturrahman atau lebih populer disebut masjid perahu ini memiliki desain unik. Bagian depan masjid ini bebentuk perahu.

6. Masjid Al Irsyad Bandung


Bentuknya unik dengan desain kubus. Bangunan luar terdiri batu bata yang disusun sedemikian rupa sehingga berbentuk lubang atau celah. Apabila dilihat dari jauh akan membentuk lafaz Arab yang terbaca sebagai dua kalimat tauhid.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Masjid Paling Instagramable di Indonesia"

Posting Komentar